ARTIKEL
Senin, 15 Mei 2017
Shared :

Apakah minum Teh dan Kopi mengganggu kesehatan Gigi dan Mulut??

"Dokter, minum teh sama kopi boleh gak sih?Kok kemarin saya baca di majalah katanya bisa membantu dalam merusak gigi? Saya pecandu berat kopi dan teh nih dok"

Sampai saat ini, pro-kontra tentang baik dan buruknya teh serta kopi untuk kesehatan mulut masih menjadi perbincangan yang sering dimunculkan dan diperdebatkan.

Journal of Periodontology mempublikasikan penelitiannya, bahwa anti-oksidan yang terkandung di dalam teh dapat membantu mengurangi peradangan dan menghambat pertumbuhan plak berbahaya.Selain manfaat tersebut, jurnal ini juga mengatakan bahwa kopi mengandung antioksidan sebagai anti kanker.
Namun, dibalik setiap kebaikan teh dan kopi, kita tetap harus mengingat akan efek negatif yang dapat ditimbulkan. Konsumsi berlebihan akan mengakibatkan resiko perubahan warna gigi serta bau mulut. "Kandungan tanin dalam kedua minuman ini bisa mengubah warna lapisan terluar gigi atau enamel, begitu juga dengan minuman lain yang berwarna, seperti minuman bersoda, wine, atau sirup," jelas drg Natalia Ekaputri Hutting, SKG. Akibatnya, permukaan gigi akan tampak berwarna kehitaman atau kecoklatan. Noda pada gigi akan lebih mudah terbentuk pada permukaan gigi yang kasar, baik akibat plak gigi maupun permukaan anatomi gigi yang tidak rata.

Selain itu, umumnya teh dan kopi akan dikonsumsi dengan menggunakan gula yang berlebihan, sehingga menyebabkan gula akan mudah menempel di gigi dan mengakibatkan penyakit gigi dan gusi. Kepala Eksekutif Yayasan Kesehatan Gigi Inggris (British Dental Health), Dr Nigel Carter, mengatakan "setiap kali gula memasuki mulut, ia akan bereaksi dengan bakteri mulut menjadi plak yang kemudian membentuk asam dan akan melemahkan emailgigi" Beliau merekomendasikan untuk menkonsumsi teh dan kopi dengan cukupan gula yang sedang.

Drg. Joshua Calvin

Komentar
RELATED ARTIKEL
           
© 2016 OT  |  Contact Us  |  Privacy Policy  |  Terms Of Use