ARTIKEL
Senin, 15 Mei 2017
Shared :

Nafas Segar Ketika Bangun Pagi

"Dok, kenapa ya, koq setiap pagi saat bangun tidur, saya merasa nafas saya tidak pernah segar? Padahal sebelum tidur, saya sudah menyikat gigi loh"

Memiliki nafas yang segar merupakan keinginan setiap orang. Namun kondisi ini sangat sulit dicapai sewaktu kita bangun tidur di pagi hari, atau lebih dikenal dengan sebutan "morning breath".Banyak orang berpendapat bahwa ini adalah hal yang wajar terjadi pada setiap orang, sehingga tidak melakukan usaha apapun untuk mencegahnya.Padahal sebenarnya ada beberapa tindakan yang dapat dilakukan untuk mengurangi bahkan menghilangkan Morning breath.

 Sebenarnya, apa penyebab dari Morning breath? Sewaktu kita tidak sadar dan tertidur di malam hari, banyak bagian dari tubuh kita yang berhenti atau bekerja melambat, dan kelenjar saliva (ludah) merupakan salah satu diantaranya. Saliva sangat penting untuk melawan nafas yang tidak segar, karena kaya akan oksigen dan ini dapat membunuh bakteri anaerob. Saliva juga berperan dalam menyingkirkan sisa-sisa makanan dari dalam mulut, sewaktu saliva ini ditelan. Dengan berkurangnya jumlah saliva selama tidur, maka kadar oksigen akan berkurang dan sirkulasi saliva untuk membersihkan sisa makanan dari mulut akan berkurang.

 Untuk mencegah terjadinya Morning breath, satu hal yang harus dipastikan sebelum tidur adalah mulut kita sudah bersih dari plak dan sisa-sisa makanan yang menempeldi dalam mulut.Karena sisa makanan inilah yang menjadi "bahan bakar" bagi berkembang biaknya bakteri. Bakteri ini akan menghasilkan asam, yang merupakan produk sisa dari bakteri tersebut.

 Salah satu hal termudah untuk memastikan tidak adanya sisa makanan di dalam mulut, adalah dengan menyikat gigi serta melakukan flossing pada sela-sela gigi.Pastikan anda melakukan hal ini dengan waktu minimal 2 menit.Jika anda melakukan kurang dari itu, tidak heran mengapa anda mengalami Morning breath.

Hal selanjutnya yang juga berguna adalah dengan menggunakan obat kumur.Tetapi pastikanlah obat kumur yang ada gunakan adalah yang tidak mengandung alkohol. Karena alkohol akan membuat mulut anda menjadi kering, dimana hal ini menjadi penyebab bau mulut. Cobalah untuk menggunakan obat kumur yang mengandung Oksigen untuk hasil yang lebih baik. Berkumur dengan baking soda sebelum tidur juga akan membuat mulut anda berada dalam lingkungan alkali, yang mana sangat baik untuk membunuh bakteri. Campurkan sesendok baking soda dengan segelas air, lalu berkumurlah selama 1 menit.

 Anda terbiasa bernafas dengan mulut terbuka? Kebiasaan ini akan menyebabkan mulut anda menjadi kering lebih cepat. Keringnya mulut ini yang memicu terjadinya bau mulut, seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.Namun hal ini lebih sulit untuk diatasi.Mengapa?Karena selama kita tidur, kita dalam kondisi tidak sadar untuk membuat mulut kita tertutup. Salah satu cara yang dapat ditempuh adalah dengan berkonsultasi dengan dokter gigi anda, untuk dibuatkan sebuah alat yang akan diletakan di dalam mulut untuk mencegah kebiasaan ini.

Demikianlan beberapa hal sederhana yang dapat dilakukan untuk mengurangi bahkan menghilagkan Morning breath yang mungkin sangat mengganggu anda.

drg. Joshua Calvin

Komentar
RELATED ARTIKEL
           
© 2016 OT  |  Contact Us  |  Privacy Policy  |  Terms Of Use