Bau Mulut yang Disebabkan oleh Sinusitis

"Dok, kemarin saya terdiagnosis mengidap penyakit sinusitis, dan katanya itu berhubungan dengan bau mulut yang sering dikeluhkan oleh orang banyak. Apakah itu benar?"

Memiliki nafas yang segar, tentu menjadi idaman semua orang. Bukan saja dapat membantu pencitraan diri anda, namun juga berperan aktif dalam membentuk hubungan sosial dengan orang lain. Namun terkadang bau mulut itu timbul, dan membuat anda merasa malu untuk berbicara dengan siapapun.

Salah satu cara untuk benar-benar mengatasi masalah tersebut adalah dengan mengidentifikasi penyebabnya. Ada banyak kemungkinan penyebab bau mulut, seperti dari makanan yang Anda makan, kebersihan mulut yang tidak terjaga dan beberapa kondisi medis seperti diabetes, penyakit periodontal (penyakit gusi), dan lain-lain.

Penyebab lain yang mungkin sering terlupakan adalah sinusitis. Para ahli mengatakan bahwa 80-95% dari penderita bau mulut, memiliki bau yang keluar dari mulut mereka.Jika bersamaan dengan bau tersebut, juga muncul bau yang keluar dari hidung, maka keadaan ini dapat dihubungkan dengan sinusitis.Keadaan dimana terjadinya infeksi dan peradangan pada sinus.Hal ini dapat disebabkan oleh infeksi virus, seperti pada kasus flu, ataupun karena kasus alergi, bahkan mungkin terkait dengan serangan asma.

Sewaktu seseorang menderita sinusitis, maka sinus akan teriritasi dan mulai untuk memproduksi lender dalam jumlah besar, yang akan menyebabkan bau nafas yang tidak segar. Infeksi pada sinus juga akan menyebabkan peradangan. Ketika saluran pada hidung menyempit akibat peradangan, maka lendir dalam jumlah besar yang tadi terproduksi akan terjebak di dalamnya, dan menjadi tempat yang sangat baik bagi bakteri untuk berkembang biak. Bakteri ini akan berkembang biak dan mengeluarkan produk limbah yang mengandung senyawa sulfur yang menyebabkan bau nafas menjadi buruk.

Perbanyaklah konsumsi air minum, banyak beristirahat, posisikan kepala anda lebih tinggi saat tidur, serta berkonsultasi dengan dokter untuk menyelesaikan permasalahan sinus anda.

drg. Joshua Calvin

Formula Web